RuidikostadzMultimedia

Selasa, 03 November 2009

3 software gratis pencari file

Harddisk (HDD) saat ini memang semakin murah saja, dengan kapasitas yang tidak hanya Ratusan Giga Byte, tetapi sudah mencapai Tera Byte ( 1000 GB). Meskipun demikian kita kadang sering (lupa) menyimpan data-data yang sebenarnya sudah ada (sama), sehingga banyak space Hardisk yang tersia-siakan.

Cara mudah mengetahui file-file yang sama di hardisk adalah dengan menggunakan software pencari file duplikat.Berikut 6 program/software gratis yang mempunyai fungsi mencari file-file yang sama di hardisk, selanjutnya bisa di hapus dan memastikan tidak ada file yang sama tersimpan dua kali atau lebih. Sehingga penggunaan space hardisk lebih efisien.

1. Fast Duplicate File Finder

Seperti namanya, selain mampu mencari dari lokasi folder, drive atau file di jaringan, program ini juga mempunyai berbagai fitur lainnya, seperti :- Pencarian yang cepat menggunakan algoritma binary search.
- Adanya preview baik untuk image, video, audio, text atau binary file
- Fitur Automark, untuk menandai (memilih) file duplikat secara otomatis.
- File dapat di hapus, atau dipindah ke folder lain.

Fast Duplicate File Finder tidak memberikan fitur pencarian dengan ekstensi tertentu, tetapi melalui hasil yang ditampilkan, bisa dihindari pemilihan file-file tertentu.
Ukuran File : 1.53MB ( Installasi)
Sistem : Windows Vista/XP/2000/ME/98
Download Fast Duplicate File Finder

2. DoubleKiller

DoubleKiller bersifat portable dan tidak perlu menginstall untuk menjalankannya. Ukurannya pun relatif kecil, sekitar 392 KB. Meski tampilannya sederhana, DoubleKiller memberikan berbagai fitur seperti :

- Scan Directory, Drive, atau bahkan file di Jaringan yang terhubung.
- Bisa mencari file tertentu saja, misalnya *.mp3, *.dll, *.exe dan lainnya.
- Bisa mengkombinasikan berbagai kriteria, seperti nama file, ukuran, tanggal dan isi.
- Menghapus atau memindah file yang dipilih

Jika kita ingin memilih file secara otomatis, ada menu untuk memilih file duplikat pertama atau terakhir. Untuk sistem operasi yang diperlukan, karena hanya sebuah file, dan tidak perlu installasi (portable), program ini seharusnya bisa berjalan di semua versi Windows.

Ukuran : 392 kB (Portable)
Download DoubleKiller

3. Easy Duplicate Finder

Seperti halnya program sebelumnya, Easy Duplicate Finder mempunyai fitur yang hampir sama. Scan Folder atau drive, scan dengan kriteria tertentu ( file ekstensi tertentu), proteksi file sistem dan lainnya.

Untuk mempermudah pemilihan file hasil yang ditemukan, kita tinggal klik kanan di daftar file dan bisa otomatis memilih file tertentu menurut lokasi atau tanggalnya. Easy Duplicate Finder mempunyai dua versi, portable (tanpa perlu install) dan program dengan installasi.

Ukuran : 652 KB ( Installasi, windows 95/98/Me) dan 704 KB (portable, untuk semua versi Windows).
Lokasi Download : http://www.easyduplicatefinder.com/download.html

1 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat sobat.
    Salam akrab ya...

    Oya, untuk cara memindahkan domain blogspot.com ke co.cc, sobat bisa googling dengan keyword "setting domain di co.cc". Insya Allah banyak yang sudah mengulasnya....

    Salam akrab...

    BalasHapus

thank before