RuidikostadzMultimedia

Jumat, 11 Desember 2009

jawaban uts RPL


1)Manajemen proyek Perangkat Lunak (PL) yang efektif berfokus
pada 3 P, dimana harus berurut yaitu

PEOPLE : Elemen terpenting dari suksesnya proyek
PRODUCT /PROBLEM: Software yang dikembangkan
PROCESS : Suatu kerangka kerja dari suatu aktifitas dan
kumpulan tugas untuk memgembangkan PL
PROJECT(tambahan): Penggabungan semua kerja untuk membuat
produk menjadi kenyataan

3)Manusia dalam pengembangan PL terdiri dari :

a. Player (Pemain)
- Manajer Senior menentukan isu bisnis yang
mempengaruhi dalam proyek
- Manajer Proyek merencanakan, memotivasi, mengorganisir,
mengontrol aplikasi/produk
- Pelaksana mempunyai ketrampilan teknik untuk
merekayasa aplikasi
- Pelanggan menentukan jenis kebutuhan bagi PL
yang akan dibuat
- Pemakai akhir yang berinteraksi dengan PL yang
dibuat
b. Team Leader (Pimpinana Tim)
Manajemen proyek merupakan kegiatan manusia intensif
sehingga memerlukan praktisi yang cakap.
Model Kepemimpinan (MOI yaitu Motivasi, Organisasi,
gagasan & Inovasi) menurut Jerry Weinberg.
Karakteristik yang menentukan manajer proyek efektif yaitu
- Pemecahan Masalah - Prestasi
- Identitas manajerial - Pengaruh & pembentukan tim
c. The Software Team ( Tim PL)
Sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan
membutuhkan n manusia yang bekerja selama k tahun , ada
beberapa alternatif untuk menentukan sumber daya
tersebut :
- n orang mengerjakan tugas fungsional berbeda
sebanyak m dengan sedikit kombinasi kerja &
koordinasi tanggung jawab manajer proyek
- n orang mengerjakan tugas fungsional berbeda
sebanyak m (m= 1 tugas fungsional, setiap tim mempunyai sebuah
struktur spesifik yang ditentukan untuk semua tim
yang bekerja pada sebuah proyek, koordinasi dikontrol
oleh tim itu sendiri dan oleh manajer proyek PL (
sistem ini paling produktif)



5)Mantei, mengusulkan 3 organisasi tim yaitu:

-Demokrasi terdesentralisasi (DD)
Tidak memiliki pimpinan permanen dan koordinator dipilih
untuk tugas pendek bila tugas berbeda maka pimpinan
berbeda. Keputusan diambil oleh konsensus kelompok dan
komunikasi secara horizontal
-Terkontrol terdesentralisasi (CD)
Tim memiliki pimpinan tertentu dan memiliki pimpinan
skunder untuk sub-sub masalah. Pemecahan masalah
merupakan aktifitas dari kelompok dan implentasi
pemecahan pada sub-sub kelompok. Komunikasi antar
kelompok dan orang bersifat horizontal tetapi komunikasi
secara vertical berjalan bila hirarki kontrol berjalan .
-Terkontrol tersentralisasi (CC)
Pemecahan tingkat puncak dan internal tim oleh pimpinan
tim. Komunikasi dilakukan secara vertical.

7)Kraul & Streeter menguji sekumpulan teknik koordinasi
proyek yang dibagi atas

-Pendekatan impersonal, formal penyampaian & dokumen
RPL (memo, laporan dll)
-Prosedure interpersonal, formal aktifitas jaminan
kualitas yang diterapkan kepada produk kerja RPL
(status pengkajian , perancangan & inpeksi kode)
-Prosedure interpersonal, informal pertemuan kelompok
untuk menyebarkan informasi & pemecahan masalah
serta pengembangan staf
-Komunikasi teknik, surat elektronis, web sites,
teleconferens, papan buletin elektronik
-Jaringan interpersonal diskusi informal pada orang
diluar proyek untuk mendapatkan pengalaman sehinnga
mendukung kerja proyek

9)Model PROSES :

1. Sekunsial Linier
Classic Life Cycle / model air terjun
2. Prototipe
Perencanaan kilat untuk konstruksi oleh prototype
3. Rapid Aplication Development (RAD)
Model sekunsial linier yang menekankan siklus pengembangan
yang sangat pendek dengan pendekatan konstruksi berbasis
komponen
4. Inkremental (Pertambahan)
Menggabungkan elemen-elemen model sekunsial linier dengan
filosopi prototype iterative khusus untuk staffing
5. Spiral
Merangkai sifat iterative dari prototype dengan cara kontrol &
aspek sistematis dari sekunsial linier
6. Rakitan Komponen
Paradigma orientrasi obyek menekankan kreasi kelas yang
mengenkapsulasi data & algoritma yang dipakai untuk
memanipulasi data (gabungan dengan karakter spiral)
7. Perkembangan Komponen
Sering dipakai untuk mengembangkan aplikasi client server
Aktifitas dibagi menjadi :
- dimensi sistem : desain, assembly & pemakai
- dimensi komponen : desain & realisasi
8. Metode Formal
Mengkhususkan, mengembangkan, & menverifikasi sistem
berbasis komputer dengan notasi matematis yang tepat (Clean
room RPL)
9. Teknik Generasi Keempat
Serangkaian alat bantu PL yang secara otomatis memunculkan
kode sumber yang berdasarkan pada spesifikasi perekayasaan

11)Tujuan pengukuran perangkat lunak adalah :
• Untuk menyatakan kualitas produk
• Untuk menilai kulitas manusia yg terlibat dalam pembuatan produk.
• Untuk menilai keuntungan pemakaian metode & alat bantu yg baru.
• Sebagai dasar untuk melakukan perkiraan.
• Untuk membantu penyesuaian pemakaian alat bantu yg baru atau
pelatihan tambahan.

13)Jelaskan yg dimaksud metrics dan indicator ?

Metrics (metrik) :
Ukuran kuantitatif dari tingkat dimana sebuah sistem, komponen, atau proses memiliki atribut tertentu.
Indicator (indicator) :
Sebuah metrik atau kombinasi dari metrik yg memberikan pengetahuan
kedalam proses PL, sebuah proyek PL, atau produk itu sendiri.

15)Jelaskan maksud dari setiap indicator proyek?

Indikator proyek memungkinkan manajer proyek PL :
1. memperkirakan status sebuah proyek yg sedang berlangsung
2. menelusuri resiko-resiko potensial
3. menemukan area masalah sebelum masalah ‘menjadi semakin kristis’.
4. menyesuaikan aliran kerja atau tugas-tugas.
5. mengevaluasi kemampuan tim proyek untuk mengontrol kualitas hasil
kerja RPL.

17)Jelaskan maksud dari setiap metrics proyek?
1. untuk meminimalkan jadwal pengembangan dengan melakukan
penyesuaian yg diperlukan untuk menghindari penundaan serta
mengurangi masalah & resiko potensial.
2. untuk memperkirakan kualitas produk pada basis yg berlaku, dan bila
dibutuhkan, memodifikasi pendekatan teknis untuk meningkatkan
kualitas.

19)Jelaskan maksud dari pengukuran pl tidak langsung?

• fungsi
• kualitas
• kompleksitas
• efisiensi
• keandalan
• kemampuan pemeliharaan

21)Jelaskan maksud setiap yg mempengaruhi estimasi ?
- Project complexity (kompleksitas proyek)
- Project size (ukuran proyek)
- Struktural uncertainty (ketidakpastian struktural)

23)Jelaskan maksud dari setiap informasi yg dibutuhkan antara pelanggan dan pengembang?
* Pertanyaan berfokus pada pelanggan, tujuan keseluruhan serta keuntungan.
- Siapa di belakang permintaan kerja ini?
- Siapa yang akan memakai solusi ini?
- Apakah keuntungan ekonomi dari solusi yang sukses?
- Adakah sumber daya lain bagi solusi ini?
* Pertanyaan yang memungkinkan analis memahami masalah lebih baik dan
pelanggan menyuarakan persepsi tentang sebuah solusi.
- Bagaimana Anda (pelanggan) menandai output yg baik yg akan dihasilkan
oleh sebuah solusi yg baik?
- Masalah apa yang dituju solusi ini?
- Dapatkah anda menggambarkan lingkungan dimana solusi akan dipakai?
- Adakah batasan atau isu kinerja khusus yg akan mempengaruhi

25)Jelaskan maksud Putnam dan Myers mengusulkan 4 masalah penentuan ukuran?
- Fuzzy-logic sizing (logika kabur)
Perencana harus mengidentifikasi tipe aplikasi, membuat besarannya dalam
skala kuantitatif kemudian dibandingkan dengan rentang orisinil.
- Function point sizing
Perencana mengembangkan estimasi berdasarkan karakteristik domain
informasi.
- Standard component sizing
PL dibangun dari sejumlah 'komponen standar' yg umum (subsistem, modul,
laporan, program interaktif).
- Change sizing
Digunakan jika PL yang ada harus dimodifikasi dengan banyak cara sebagai
bagian dari proyek.

27)Jelaskan maksud kelas proyek PL dalam model COCOMO ?
1. Model Organik
Ukuran proyek relatif kecil, PL yang dibuat atau dikembangkan lebih simpel
dengan aplikasi kerja yg baik. Misal program analisis termal yang
dikembangkan untuk kelompok transfer panas.
2. Model Semi Detached
Ukuran proyek dan kekompleksan perangkat cukup besar dengan
pengalaman kerja campuran (ada yg telah berpengalaman dan ada yg belum
berpengalaman). Misal sistem pemrosesan transaksi dengan syarat tertentu
untuk perangkat keras terminal dan perangkat lunak database.
3. Model Embedded
Ukuran proyek dan kekompleksan PL yg dikembangkan atau dikerjakan
besar. Misal perangkat lunak kontrol penerbangan untuk pesawat udar

29)Jelaskan maksud dari keputusan Make buy?
1. PL dapat dibeli (atau lisensi) off-the-self.
2. Komponen PL full-experience dan partial-experience, dapat diperoleh dan
kemudian dimodifikasi dan integrasi untuk memenuhi kebutuhan sendiri.
3. PL dapat dibuat custom-built oleh kontraktor luar untuk memenuhi
spesifikasi pembeli.

31)Jelaskan maksud dari definisi konseptual resiko oleh robbert charette?
1. Resiko berhubungan dengan kejadian di masa yg akan datang.
2. Resiko melibatkan perubahan (spt. perubahan pikiran,
pendapat, aksi, atau tempat)
3. Resiko melibatkan pilihan & ketidakpastian bahwa pilihan itu akan dilakukan.

33)Jelaskan maksud dari Kategori resiko oleh Robert Charette :
•Resiko yang sudah diketahui
•Resiko yang dapat diramalkan
•Resiko yang tidak diharapkan

35)Jelaskan maksud dari identifikasi resiko dan tipe resiko ?
Identifikasi resiko dalah usaha sistematis untuk menentukan
ancaman terhadap rencana proyek.
Tujuan identifikasi resiko :
untuk menghindari resiko bilamana mungkin, serta menghindarinya
setiap saat diperlukan.
Tipe resiko :
1. resiko generik
merupakan ancaman potensial pd setiap proyek PL.
2. resiko produk spesifik
hanya dapat diidentifikasi dgn pemahaman khusus mengenai
teknologi, manusia, serta lingkungan yg spesifik terhadap
proyek yg ada.

37)Jelaskan maksud dari setiap aktifitas proyeksi resiko ?
1. Membangun suatu skala yang merefleksikan kemungkinan
risiko yang dirasakan
2. Menggambar konsekuensi risiko
3. Memperkirakan pengaruh risiko pada proyek dan produk
4. Memcatat keseluruhan akurasi proyeksi proyek risiko sehingga
akan tidak ada kesalahpahaman

39)Jelaskan maksud dari setiap faktor penilaian resiko ?
1. Tentukan tingkat referen risiko untuk proyek
2. Usahakan untuk mengembangkan hubungan antara
masing-masing [ , , ] i i i r l x dan masing-masing tingkat referen
3. Prediksi himpunan titik referen yg menentukan daerah
tereliminasi dibatasi oleh kurva atau area ketidakpastian.
4. Cobalah memprediksi bagaimana penggabungan kombinasi
risiko akan mempengaruhi suatu titik referen








0 comments:

Posting Komentar

thank before